Cara Menguji Kecepatan Website

Google PageSpeed Insights

Kecepatan loading suatu website saat ini menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan situs tersebut di ranking hasil pencarian Google. Pada tahun ini pula Google akan merilis algoritma baru yang bakal menentukan sebuah hasil pencarian berdasarkan kecepatan situs saat ada pengguna smartphone melakukan pencarian di Google.

Jadi buat kalian yang kebanyakan pengunjungnya dari perangkat mobile atau smartphone haruslah tau seberapa cepat situs kalian saat pertama di request sampai selesai dimuat sepenuhnya di smartphone pengunjung.

Saya pun juga pernah menganalisa pada blog saya yang lainnya kebanyakan pengunjung lebih dari separuhnya adalah pengguna smartphone itu berarti saat ini kebanyakan orang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk browsing di internet menggunakan smartphone mereka ketimbang menggunakan laptop atau komputer.

Karena itulah optimisasi tampilan di mobile saat ini sangatlah penting agar website kalian tetap ramai pengunjung pemasangan tema responsif juga sangatlah perlu atau jika perlu pasang tema AMP yang dikembangkan Google untuk pengguna smartphone agar loading situs lebih cepat dengan mengurangi penggunaan javascript. Jadi semakin cepat website yang kalian miliki akan semakin bagus dimata Google nantinya.

Nah berikut beberapa cara menguji seberapa cepat respon website kalian.

1. PageSpeed Insights

PageSpeed Insights sendiri adalah tools yang dikembangkan oleh Google yang berfungsi mengukur kecepatan loading suatu website dan cara mengoptimalkanya. Di PageSpeed Insights blog diukur dengan memvirtualisasikan pengguna Desktop dan Mobile yang nantinya ditandai dengan skor 0-100 semakin tinggi skor yang diperoleh maka semakin bagus kecepatan website tersebut.

Untuk menggunakan PageSpeed Insights cukup mudah hanya dengan langkah berikut:

  1. Buka URL ini https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  2. Kemudian tulis URL website kalian
  3. Lalu klik Analyze

Tunggu hingga PageSpeed Insights selesai menganalisa website kalian dan nantinya kalian akan diberikan skor berapa kecepatan dan performa website tersebut dan tak ketinggalan rekomendasi apa saja yang harus diperbaiki di website kalian.

2. GTMetrix

Hampir sama dengan PageSpeed Insights di GTMetrix kalian nantinya akan diberikan skor grade A-F dengan persentase dari 0-100% namun di GTMetrix fitur yang ditawarkan lebih lengkap dari PageSpeed Insights dan kalian juga bisa melihat apa saja yang membuat halaman website kalian lambat.

Di GTMetrix mereka akan menganalisis website kalian dengan cara membandingkan skor dari PageSpeed Insights dengan skor dari Yahoo Slow!  jadi kalian bisa mendapatkan informasi yang lebih detail disini nantinya.

Penggunaan GTMetrix pun juga cukup mudah berikut caranya:

  1. Buka URL ini https://gtmetrix.com 
  2. Kemudian tulis URL website kalian
  3. Lalu klik Analyze

Tunggu beberapa saat sampai website kalian selesai dianalisa untuk melihat hasilnya sampai di sini biasanya website kalian tidak akan langsung dianalisa tapi harus mengantri terlebih dahulu tapi tenang saja hal tersebut tidaklah lama.

Semoga bermanfaat.